(Application of ISO 9001 Quality Management System)
Innallaha ma’ana
(Sesungguhnya Allah selalu beserta kita!).
Wa huwa ma’akum ainama kuntum, wallahu bima ta’maluna bashir
(Dia selalu beserta kamu di manapun kamu berada. Allah selalu melihat apa pun yang kamu kerjakan).
(Sesungguhnya Allah selalu beserta kita!).
Wa huwa ma’akum ainama kuntum, wallahu bima ta’maluna bashir
(Dia selalu beserta kamu di manapun kamu berada. Allah selalu melihat apa pun yang kamu kerjakan).
Keunggulan dan benefid, sbb:
1. Nama Product Sofware kami Qualift, adalah Document Controller yang fleksibel digunakan sebagai tool dalam Sistem Manajemen Mutu
2. Perubahan organisasi dapat dengan mudah disesuaiakan
3. Penerbitan dokumen dilakukan secara elektronik dengan alur yang bisa disesuaikan dengan struktur organisasi
4. Sehingga memangkas waktu yg cukup banyak jika dibandingkan dengan proses manual, dimana hard copy harus diedarkan secara fisik = Over Budget
5. Distribusi dokumen juga sangat mudah, karena cukup dengan searching (pencarian kata kunci), yang dilakukan oleh staff yang berwenang akan dapat membuka dokumen mutu yang diinginkan
6. Dokumen diproteksi dimana tidak bisa didownload oleh user yg tidak berwenang
7. Semua histori dokumen tersimpan diserver secara aman, dan dipastikan yang beredar / bisa diakses adalah dokumen yang aktif/ bukan versi yang kadaluarsa
Kenapa harus memiliki sertifikat ISO 9001?
Setidaknya ada 7 alasannya:
1. Pendekatan manajemen bisnis yang lebih modern
2. Fleksibilitas dan kreativitas dokumen yang lebih baik
3. Investasi jangka panjang dalam Pemahaman Sistem Manajemen Mutu
4. Semakin kecil kemungkinan Organisasi akan mendapat ketidaksesuaian (selalu update)
5. Lebih mudah untuk masuk di segala bidang profesi
6. Tidak perlu menjelaskan tindakan pencegahan kepada siapapun lagi
7. Membuat integrasi lebih mudah
Feedback/Benefid (manfaat / keuntungannya)
Penjabaran 8 Prinsip ISO 9001
ISO 9001 memiliki 8 prinsip yang dijabarkan sebagaimana penjelasan berikut:
Setidaknya ada 7 alasannya:
1. Pendekatan manajemen bisnis yang lebih modern
2. Fleksibilitas dan kreativitas dokumen yang lebih baik
3. Investasi jangka panjang dalam Pemahaman Sistem Manajemen Mutu
4. Semakin kecil kemungkinan Organisasi akan mendapat ketidaksesuaian (selalu update)
5. Lebih mudah untuk masuk di segala bidang profesi
6. Tidak perlu menjelaskan tindakan pencegahan kepada siapapun lagi
7. Membuat integrasi lebih mudah
Feedback/Benefid (manfaat / keuntungannya)
Apa benefid yang di dapat, jika Penerapan atas ISO Sistem Manajemen Mutu di suatu tempat usaha? ... berikut manfaat dan pencapaian yang akan diperoleh:
2. Meningkatkan kinerja lingkungan internal Usaha
3. Meningkatkan efisiensi kegiatan Usaha
4. Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, peng
ukuran dan tindakan perbaikan Usaha (plan, do, check, act)
5. Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pe-
ngelolaan lingkungan Usaha
6. Mengurangi risiko usaha
7. Meningkatkan daya saing Usaha
8. Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berke
pentingan dengan Usaha
9. Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal Usaha
Penjabaran 8 Prinsip ISO 9001
1. Fokus pada pelanggan
Kelangsungan suatu instansi sangat bergantung pada pelanggannya (pasien) sehingga pelanggan menjadi fokus utama. Instansi harus memahami apa yang menjadi kebutuhan para pelanggannya dan memastikan bahwa tujuan instansi selaras dengan keinginan pelanggan.
2. Kepemimpinan
Keberhasilan suatu instansi biasa dimulai dari bisa atau tidaknya pemimpin untuk memaksimalkan sumber daya atau potensi yang dimiliki instansinya. Hal ini termasuk memberikan pelatihan kepada para pegawai.
3. Keterlibatan Karyawan
Karyawan perlu menyadari bahwa peran aktif mereka dalam perusahaan juga diperlukan untuk mencapai tujuan. Masing-masing karyawan harus memahami tugas dan tanggung jawab mereka.
4. Pendekatan Proses
Penekanan penting pada poin ini bukanlah pada hasil namun proses. Untuk mencapai sebuah hasil atau tujuan, proses tidak dapat dipisahkan.
5. Pendekatan Sistem Pada Manajemen
Memahami semua proses yang ada saling berkaitan membentuk suatu sistem untuk mencapai tujuan perusahaan.
6. Perbaikan yang terus-menerus
Kepuasan pada hasil yang dicapai harus terus menerus ditingkatkan dan peningkatannya harus diterapkan pada berbagai aspek.
7. Pendekatan Faktual pada Pengambilan Keputusan
Keputusan yang diambil harus berdasarkan pertimbangan yang matang melalui data yang akurat dan informasi yang valid.
8. Hubungan yang Saling Menguntungkan dengan Pemasok
Mutu produk atau jasa yang diberikan oleh pihak ketiga sangat mempengaruhi mutu akhir produk suatu organisasi. Oleh karena itu, memantau kinerja pemasok merupakan hal yang sangat penting.
Prinsip-prinsip manajemen mutu tersebut harus ditanamkan kepada semua pihak terkait usaha, untuk memahami secara mendasar tindakan-tindakan yang diperlukan dalam membangun dan menerapkan sistem manajemen mutu secara konsisten dan berkesinambung an. Tanpa menggunakan prinsip manajemen mutu tersebut, maka manfaat ISO 9001 menjadi tidak maksimal.
Dilihat dari delapan prinsip yang terdapat pada ISO 9001 tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ISO 9001 memiliki cakupan yang luas di segala aspek yang terdapat pada berbagai bidang.
Artinya melalui penerapan ISO 9001 maka pelayanan yang berkualitas, efektif dan efisien Inshaa Allah dapat dicapai.
Penerapan pasca implementasi membuktikan hasil yang mampu mendongkrak citra usaha tersebut, dan yang terpenting adalah meningkatnya kualitas layanan.
2. PENYUSUNAN BISNIS PROSES, KEBIJAKAN MUTU, SASARAN MUTU (BUSINESS COMPETITION PROCESS, QUALITY POLICY, QUALITY TARGET)
Prinsip-prinsip manajemen mutu tersebut harus ditanamkan kepada semua pihak terkait usaha, untuk memahami secara mendasar tindakan-tindakan yang diperlukan dalam membangun dan menerapkan sistem manajemen mutu secara konsisten dan berkesinambung an. Tanpa menggunakan prinsip manajemen mutu tersebut, maka manfaat ISO 9001 menjadi tidak maksimal.
Dilihat dari delapan prinsip yang terdapat pada ISO 9001 tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ISO 9001 memiliki cakupan yang luas di segala aspek yang terdapat pada berbagai bidang.
Artinya melalui penerapan ISO 9001 maka pelayanan yang berkualitas, efektif dan efisien Inshaa Allah dapat dicapai.
Penerapan pasca implementasi membuktikan hasil yang mampu mendongkrak citra usaha tersebut, dan yang terpenting adalah meningkatnya kualitas layanan.
Selayang Pandang
Proses tahapan penyusunan, pemahaman, dokumentasi:
1. PEMAHAMAN SISTEM MANAJEMEN MUTU (UNDERSTANDING QUALITY MANAGEMENT SYSTEMS)
3. PENYUSUNAN PEDOMAN MUTU (DEVELOPMENT OF QUALITY GUIDELINES)
4. PENYUSUNAN PROSEDUR MUTU (PENYUSUNAN PROSEDUR MUTU)
5. DOKUMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU (DOCUMENTATION OF QUALITY MANAGEMENT SYSTEM)
e-mail: tiungaisyah.d98@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas postingan, komentar dan share nya :-)